Ronald Koeman Adalah Sosok Yang Tepat Tangani Barcelona

14

Keputusan Barcelona menunjuk Ronald Koeman sebagai pelatih anyar disambut positif oleh Patrick Kluivert, legenda Belanda yang kini bekerja sebagai Direktur Akademi Raksasa Catalan. Menurutnya, Koeman memang sosok yang tepat untuk menangani Messi dkk.

Barcelona memang kembali berganti pelatih, setelah baru delapan bulan lalu memecat Valverde dan menggantikannya dengan Quique Setien. Mantan pelatih Real Betis didepak usai Barcelona tersingkir mengenaskan di ajang Liga Champions Eropa.

Tak lama setelah pemecatan Quique Setien, Barcelona kemudian menunjuk Ronald Koeman untuk menjadi manajer baru. Pelatih asal Belanda itu diikat dengan kontrak berdurasi dua tahun.

Seperti diketahui, mantan pelatih Everton bukan sosok yang asing bagi Barcelona. Pria berusia 57 tahun itu pernah bermain di Barcelona rentang 1989-1995 dan sebagai asisten pelatih rentang 1998-2000.

Dia sempat menangani beberapa klub sepert Southampton, Everton dan terakhir Tim Nasional Belanda.

Kini kedatangannya di Barcelona untuk kali ketiga disambut baik oleh Patrick Kluivert. Dia yakin, Koeman bakal sukses dengan jabatannya yang diembannya musim depan.

“Saya ikut bahagia untuk Ronald. Itu merupakan mimpinya yang menjadi kenyataan. Saya rasa sangat fantastis buatnya dan juga Barcelona,”

“Saya yakin dengan kemampuannya, Ronald Koeman berada di tepat yang tepat di Barcelona. Dia mengenal klub ini, filosofinya, dan apa yang sedang terjadi. Saya yakin kedatangannya membawa dampak yang positif,” kata Patrick Kluivert seperti dikutip De Telegraaf, Jumat (21/8/2020).

Bisa dikatakan, kesempatan menangani Barcelona adalah kesempatan pertama bagi Koeman dipercaya menangani klub besar. Sebelum ini dia ‘hanya’ menangani tim-tim papan tengah seperti Vitesse, Ajax, Benfica, PSV Eindhoveen, Valencia, AZ Alkmaar, Feyenoord, Southampton, dan Everton.

Ronald Koeman memiliki tugas yang tidak mudah di Barcelona. Koeman harus mampu mengembalikan kejayaan klub asal Catalan tersebut. Pasalnya, klub gagal meraih satupun gelar juara di akhir musim ini.

Bahkan tak hanya gagal, klub juga kalah mengenaskan dengan skor 2-8 di tangan Bayern Munchen pada babak perempat final Liga Champions Eropa. Mampukah Koeman membawa Barcelona berjaya lagi?

Category: Berita
author
No Response

Comments are closed.